Saturday, April 23, 2011

Langkah Mencipta Lagu ala Hilmi

Bagi orang yang belum pernah menciptakan lagu, sering bingung bagaimana memulainya. Tidak ada tips jitu untuk semua orang. Karena setiap orang mempunyai gaya tersendiri. Ada yang memulainya dengan membuat lirik. Ada yang memulainya dengan membuat melodi. Sebagai seorang pemula, beranilah untuk mencoba dan pantang menyerah. Sekedar sharing, inilah langkah-langkah menciptakan lagu berdasarkan pengalaman Hilmi sebagai seorang pemula:
  1. Bulatkan niat untuk menciptakan lagu sendiri, apapun alasanmu. Entah untuk ikut lomba atau ingin menciptakan lagu untuk seseorang.
  2. Cari tips-tips cipta lagu dari internet, buku atau dari pengalaman orang lain. Hilmi memilih dari internet, dan dia banyak sekali menemukan informasi dari sana.
  3. Pilih langkah yang paling kamu sukai. Hilmi pilih bikin melodi duluan, bukan  lirik.
  4. Mulailah dengan 1 bar melodi. Ikutilah perasaanmu, maka akan ketemu bar berikutnya sampai  kamu dapatkan 1 bait pertama
  5. Dari bait pertama kamu akan bisa dapatkan bagian reffnya dengan membayangkan semangat yang ada pada lagumu. Nada dalam Reff  biasanya lebih semangat dibandingkan bait pertamamu.
  6. Carilah chord progresi lagumu dengan alat musik yang kamu kuasai. Hilmi memilih keyboard. Keyboard menguntungkan karena dia juga bisa memilih style yang cocok, untuk mencari ritme yang sesuai.
  7. Buat notasi lagu lengkap dengan chord progresinya.Tidak usah kamu pusingkan ketukan dll, tuliskan not-notnya saja dulu dan chord progresi yang sederhana dulu.
  8. Mintalah orang yang lebih berpengalaman untuk mengecek melodi atau chord progresimu. Yang lebih penting selain dia punya pengetahuan dan pengalaman dalam musik juga bisa mengerti dirimu. Ini penting karena walaupun jago di bidang musik, orang tersebut haruslah bisa menjadi orang yang mendorong dan membangkitkan kreativitasmu, bukan membuatkan lagu untukmu. Hilmi memilih guru vokal grup dan guru keyboardnya. Hilmi diberi beberapa alternatif bagaimana memperbaiki melodi dan chord progresinya sekaligus diberi penjelasan. Hilmi diberi kebebasan memilih alternatif yang sesuai dengan  kemauan Hilmi sendiri.
  9. Perbaikilah notasi dan chord progresi lagumu sesuai dengan masukan dari orang yang berpengalaman.
  10. Buatlah lirik lagu. Tentukan terlebih dahulu tema apa yang cocok, perasaan apa yang tergambar dalam lagumu, dengan cara memainkan berulang-ulang lagumu dengan alat musik.
  11. Kalau sudah kamu temukan temanya, pilihlah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan tema itu. Misalnya Hilmi memilih tema "cinta tanah air", yang Hilmi bayangkan perasaan gembira waktu piknik ke Borobudur. Mulailah Hilmi membayangkan kenapa dia cinta tanah air? Banyak alasan, misalnya karena keindahan alamnya, keindahan candi Borobudur, atau  seni dan budaya lainnya. Seni dan budaya apa? Hilmi bersama orangtuanya mencari di internet berbagai macam tulisan tentang  seni dan budaya Indonesia. Baru Hilmi tahu ternyata tari Saman dan musik Angklung termasuk dalam "World Intangible Heritage" dari UNESCO. Jadi Hilmi langsung kebayang tari Saman yang pernah dia  tonton  dan pelajari dari Ivant. Tariannya indah dan perlu kekompakan. Hilmi juga terbayang perasaannya waktu main angklung di SD.  Kagum, bangga terhadap seni dan budaya Indonesia itu perasaan yang disampaikan melalui lagunya.
  12. Mulailah menyusun lirik lagumu  dengan  mencocokannya dengan nada dalam bar-bar melodimu, sehingga tahu pemenggalan kata-katanya. Bait pertama berisi tentang perasaan Hilmi terhadap Indonesia.  Kagum keragaman seni budayanya dan bangga karena mendapat pengakuan dunia. Bagian reffnya contoh musik (angklung)  dan tari (saman) yang indah dan diakui dunia serta ajakan untuk mencintai Indonesia. Ini ternyata bagian yang sulit buat Hilmi. Yah begitulah risiko kalau membuat lirik belakangan setelah melodi jadi. Pada awalnya dia mau membuat lirik duluan, tetapi karena macet tidak punya ide, dia putuskan membuat melodinya duluan. Mulailah dengan yang mudah!
  13. Cobalah berulang-ulang menyanyikan lagumu sambil memainkan alat musik untuk memastikan lagumu sudah OK dengan  pemenggalan kata/lirik yang pas. Hilmi berhasil membuat lagu sederhana dengan struktur sederhana 2 bait, 1 bait pertama (verse) 8 bar dan 1 bait reffrain (chorus) 8 bar
  14. Jangan lupa beri judul yang pas untuk lagumu. Ambil dari kata-kata yang ada dalam reffmu.
  15. Selamat !
Godaan terberat dalam menciptakan lagu, adalah berhenti di tengah jalan karena tidak ada ilham. Yakinlah kalau ilham itu dicari, bukan ditunggu. Mulailah dengan 1 bar, lanjutkan dan selesaikan. Jaga mood- mu untuk menyelesaikan lagu ciptaanmu. Hilmi lebih suka mengerjakannya pada pagi hari di ruang yang tenang. Cari teman-teman atau orang terdekatmu yang mampu mendorong kreativitasmu. Setelah itu, kamu akan bangga ternyata kamu bisa menciptakan lagu. Selangkah lebih maju, dibandingkan hanya menyanyikan lagu.

2 comments:

Terserah Aja said...

trimakasih atas bantuannya....

Terserah Aja said...
This comment has been removed by the author.